ILMU PENGETAHUAN
ALAM
KELAS VIII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan
peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran
agama yang dianutnya
|
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif;
inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan.
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam memilih makanan dan minuman yang menyehatkan dan tidak merusak tubuh.
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran
zat aditif yang berbahaya
|
3. Memahami
pegetahuan (faktual, koseptual ,dan perosedural) berdasalkan rasa ingin
tahuya tentang ilmu pengetahuan Tekno
logi seni, budaya, budaya terkait fononena dan kejadian Tampak mata.
|
3.1 Memahami
gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, serta
penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Menjelaskan
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta berbagai
pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur tersebut.
3.3 Mendeskripsikan
keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, serta
pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap kesehatan manusia
3.4 Mendeskripsikan
struktur rangka dan otot manusia, serta fungsinya pada berbagai kondisi.
3.5 Mendeskripsikan
kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan hubungannya dengan
kerja otot pada struktur rangka manusia.
3.6 Mendeskripsikan sistem pencernaan serta
keterkaitannya dengan sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan
penggunaan energi makanan.
3.7 Mendeskripsikan
zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam
kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
3.8 Memahami tekanan pada zat cair dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah,
difusi pada peristiwa respirasi, dan tekanan osmosis.
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi
pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
3.10 Memahami
konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam
sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari.
3.11 Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan
penglihatan manusia, dan prinsip kerja alat optik.
3.12 Mendeskripsikan
struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi dan gunung api, serta
tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko bencana.
3.13 Mendeskripsikan
karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda angkasa lainnya dalam
ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan gerakannya, serta pengaruh
radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi.
3.14 Mendeskripsikan
gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta menjelaskan perubahan siang
dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan, perubahan musim
serta dampaknya bagi kehidupan di bumi
|
4. Mencoba,
memodifikasi dan menyajikan dalam ranah kongkrit (menggunakan, mengurai,
merngakai, memodifikasi, dan membuat) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.
|
4.1 Melakukan penyelidikan tentang gerak, gerak
pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak.
4.2 Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
4.3 Melakukan
penyelidikan tentang sifat-sifat bahan
dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam
kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya menjaga
kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan perilaku
sehari-hari
4.5
Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada pesawat sederhana
4.6 Melakukan penyelidikan tentang pencernaan
mekanis dan enzimatis pada makanan
4.7 Menyajikan data, informasi, dan mengusulkan
ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan zat aditif
dalam makanan dan minuman serta zat adiktif-psikotropika
4.8 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas (menyelidiki
transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada ruang
tertutup
4.9 Membuat
peta pikiran (mapping mind) tentang
struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga
kesehatan diri.
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang
getaran, gelombang, dan bunyi
4.11 Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa,
dan alat optik
4.13 Menyajikan laporan hasil pengamatan atau
penelusuran informasi tentang karakteristik komponen tata surya
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar